NEWSPERISTIWASUMUT

Disaksikan Presiden, Bupati Sergai Boyong Trofi Abyakta AK- PWI

Kamis, 09 Februari 2023, 15:31 WIB
Last Updated 2023-02-09T08:31:57Z
Presiden RI Joko Widodo, Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari bersama Bupati Sergai Darma Wijaya usai menerima trofi Abyakta AK-PWI Pusat pada acara puncak HPN 2023 di GSG Kota Medan, Kamis (9/2).


MEDAN-BERITAGAMBAR : 

Setelah dinilai berhasil menjalankan program gotong royong Cetak Sawah Mandiri dalam rangka swasembada pangan.


Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya berhasil memboyong trofi Abyakta Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) Pusat pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Gedung Serba Guna Medan, Kamis (9/2) di Gedung Serba Guna, Kota Medan.


Penghargaan trofi Abyakta diserahkan langsung oleh Ketua PWI Pusat Atal S Depari disaksikan langsung Presiden RI Joko Widodo kepada Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya bersama 9 Kepala Daerah lainnya yang juga peraih trofi Abyakta.


Usai menerima penghargaan, Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Nina Deliana Hutabarat, Kadis Kominfo Drs H Akmal, Kadis Perindag Roy CP Pane, Kadis Pertanian Dedy Iskandar kepada sejumlah Wartawan usai peringatan puncak HPN 2023 di Medan menyampaikan bahwa penghargaan ini dapat tercapai atas kerjasama seluruh OPD terkait khususnya jajaran PWI Kabupaten Sergai.


" Ini merupakan sebuah kehormatan, bukan saja buat saya pribadi, namun juga untuk seluruh masyarakat Kabupaten Sergai, penghargaan ini adalah bentuk soliditas yang terjaga dari semua unsur," tegas Bang Wiwik sapaan akrab Darma Wijaya.


Bupati Sergai berharap, penghargaan ini bisa menjadi motivasi besar untuk memajukan sektor pertanian di Kabupaten Sergai.



"Mudah-mudahan kedepannya gerakan cetak sawah mandiri dengan budaya gotong royong semakin luas dilaksanakan dan mendukung swasembada pangan di Tanah Bertuah Negeri Beradat," pungkas Darma Wijaya.



Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo yang hadir menyampaikan sambutannya atas nama Pemerintah mengucapkan selamat Hari Pers Nasional sekaligus berterimakasih kepada seluruh insan Pers atas kontribusinya untuk bangsa dan negara Indonesia. 



Presiden Jokowi juga menceritakan sedikit pengalamannya saat menjadi Walikota, Gubernur hingga Presiden seperti saat ini, beliau kerap bercengkrama dan bersahabat dengan banyak Wartawan.


Menurut Presiden Jokowi, jika awak media berkontribusi besar dalam menyuarakan ajakan perjuangan kemerdekaan, begitu juga dengan menyuarakan inovasi pembangunan.


" Saya kesana kemari, runtang runtung, meninjau berbagai pembangunan, ke daerah ya bersama rekan-rekan Wartawan, melalui peran Pers, membuka harapan bahwa orang biasa seperti saya bisa jadi presiden, oleh karenanya, saya mengapresiasi kinerja Wartawan," oungkas Jokowi.


Selain itu atas nama masyarakat Sumatera Utara (Sumut) Gubsu Edy Rahmayadi juga mengucapkan selamat datang kepada Presiden RI dan seluruh insan Pers pengurus PWI di Indonesia di Sumatera Utara, Gubsu juga mengucapkan terima kasih kepada pihak PWI yang telah mempercayakan Sumut sebagai tuan rumah HPN 2023.



Gubsu mengutarakan jika berkaitan dengan pers, Sumut memiliki sejarah. Hal ini karena wartawan tertua berasal dari Sumut, oleh karenanya, gelaran HPN ini diharapkan mampu mendongkrak potensi yang dimiliki Provinsi Sumut lewat berbagai informasi yang disampaikannya. 


Sedangkan Ketua Umum Atal S Depari dalam laporannya mengemukakan kegiatan HPN di Sumut dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dengan total sebanyak 40 kegiatan. 



Serupa dengan Gubsu Edy Rahmayadi, Ketua PWI menyebut jika Sumut merupakan bagian penting dalam dunia Pers, sebab dari Sumut lahir pula tokoh-tokoh Pers yang melegenda di Indonesia.


 Ketua Depan Pers, Ninik Rahayu menyampaikan harapan di peringatan HPN ini akan melahirkan insan pers yang profesional. Pers juga menjadi penerang dalam intelektual publik terhadap kebenaran informasi dan informasi yang baik adalah informasi yang melalui konfirmasi terlebih dahulu.



Perhelatan juga diwarnai dengan pemberian penghargaan terhadap insan pers, penghargaan kepeloporan media, penghargaan anugerah kebudayaan dan penghargaan pres card number one (PCNO).


Turut hadir dalam acara, Duta Besar Negara Sahabat, Ketua MPR RI, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Polri/TNI beserta jajaran, Dewan Pers, para Gubernur se-Indonesia, Bupati/Walikota se-Indonesia, tokoh masyarakat serta para insan Pers se-Indonesia. (BG/MED).





TRENDINGMore