DAERAHNEWSSUMUT

Kemendagri Serahkan 3 Unit Damkar dan 1 Ambulance ke Pemko Padang Sidempuan

Rabu, 01 Maret 2023, 06:21 WIB
Last Updated 2023-02-28T23:21:55Z
Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Kemendagri Safrizal ZA secara simbolis menyerahkan 3 unit mobil Damkar dan 1 unit mobil Ambulance kepada Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, di Jakarta.



P.SIDEMPUAN-BERITAGAMBAR :

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyerahkan bantuan 3 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dan 1 unit mobil ambulance kepada Pemerintah Kota (Pemko) Padang Sidempuan.


Mobil Damkar dan ambulance tersebut secara simbolis diserahkan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Kemendagri Safrizal ZA kepada Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, pada acara rapat Koordinasi Nasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Puri Agung Convention Hall Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Selasa (28/2).



Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Kemendagri DR. Drs. Safrizal ZA.MSi mengatakan Kabupaten/Kota yang mendapat bantuan mobil Damkar dan ambulance itu sebanyak 10 daerah dan salah satu diantaranya Pemko Padang Sidempuan.


Ditegaskan bahwa Dirjen Kemendagri meneruskan hibah berupa mobil Damkar dan ambulance dari Ehime Toyota Motor Coproration kepada masing-masing daerah yang tercatat mendapat bantuan.Untuk Padang Sidempuan sebanyak 3 unit mobil Damkar dan 1 unit mobil ambulance.


“Kita (Kemendagri) berharap semakin banyak daerah yang dapat hibah tersebut. Dengan kapasitas fiskal daerah yang sederhana banyak daerah yang tidak memiliki kemampuan, karena memadamkan api tidak bisa dengan semangat menyala-nyala, tidak bisa dengan tekad kuat saja karena resikonya terlalu besar. Akan tetapi memadamkan api harus dengan keterampilan dan peralatan yang mumpuni,” ucap Dirjen Adwil Safrizal.


Safrizal meminta kepada seluruh Pemerintah Daerah agar seluruh anggota Damkar diasuransikan agar terlindungi dari sesuatu hal yang tidak inginkan.


Usai mengikuti Rakornas Wali Kota Irsan mengapresiasi seluruh jajarannya atas kerja keras dan telah menjalin hubungan dengan seluruh pihak selama ini, maka Padang Sidempuan masuk dalam kategori perioritas mendapatkan bantuan mobil Damkar dan ambulance.


“Ini adalah hasil dari kolaborasi, kita patut bersyukur dan semoga tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat Kota Padang Sidempuan semakin baik dari waktu ke waktu,” tuturnya.


Irsan mengungkapkan Pemko Padang Sidempuan telah menjamin asuransi Ketenagakerjaan dan Kesehatan bagi anggota Damkar yang memiliki resiko kerja yang tinggi.


Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Padang Sidempuan M Yakub Harahap menambahkan tiga unit mobil Damkar dan 1 unit mobil ambulance tersebut dijadwalkan sampai di Kota Padang Sidempuan pada April mendatang.


“Insya Allah April ini akan sampai unitnya di Kota Padang Sidempuan. Semoga dengan bertambahnya unit mobil damkar ini dapat memaksimalkan tugas-tugas Damkar kota Padang Sidempuan,” ucap Kadis Damkar.


Dalam menghadiri rapat Koordinasi Nasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dengan tema ‘Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangguh, Rakyat Tumbuh Indonesia Maju’ itu, Wali Kota Padang Sidempuan didampingi Kadis Damkar dan Penyelamatan Padang Sidempuan M Yakub Harahap, Kaban Bapelitbangda M Jusar Nasution, dan Kabid Penyelamatan Dinas Damkar dan Penyelamatan Padang Sidempuan.(BG/PSP)



TRENDINGMore