NEWSSAMOSIR

Banjir Bandang Di Samosir, Dua Unit Rumah Rusak dan Mobil Hanyut ke Danau Toba

Rabu, 03 Mei 2023, 17:21 WIB
Last Updated 2023-05-03T10:21:16Z
Dua unit rumah diterjang banjir di Tulas, Desa Siboro, Kabupaten Samosir menerpa dua unit rumah warga. 


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Banjir bandang di Tulas, Desa Siboro, Kecamatan Sianjurmulamula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu (3/5/) sekira pukul 00.30 WIB, menerjang dua unit rumah dan 2 mobil terseret arus ke Danau Toba.


Salah satu korban adalah, Juwita Sagala (42) pemilik rumah dengan Empat anak, Rabu (3/5) mejelaskan, saat kejadian ia dan keluarga sudah dalam keadaan istirahat malam.


Kemudian, kata dia, seorang kerabat yang tinggal di rumahnya mendengar suara gemuruh seperti air deras. “Lalu kita memanggil tetangga, dan berusaha menyelamatkan diri dan barang barang,” tuturnya sedih.


Dijelaskannya, suara gemuruh dan air deras sungai Tulas yang meluap tiba-tiba sudah menerjang rumah, dan semua barang berharga hanyut terbawa arus.


Lebih lanjut suami almarhum Asido Siboro itu menceritakan, untuk sementara jumlah kerugian materil diperkirakan miliaran rupiah.


“Ada dua unit rumah permanen serta 1 Unit Mobil Truk,1 Unit L300 Pick Up dan satu Unit Gilingan Jagung yang hanyut terbawa arus ke Danau Toba,” bebernya. 


Sementara korban lainnya adalah Jetlin Siboro (Amani viktor).

Pada saat kejadian posisi masih di Kaban Jahe, namun rumah ditinggali antonius sagala (lae jetlin).


Pada saat hendak berangkat ke kaban jahe, Jetlin memarkirkan Kendaraan miliknya di pinggir jalan dekat jembatan (dum truck Canter), Gilingan Jagung.


Sesampainya di tulas pukul 06.00 Wib, melihat dua buah jembatan sudah rusak dan daratan yang menghubungkan kedua jembatan sudah tidak ada (amblas ke danau). Selanjutnya melihat Dum Truck dan gilingan jagung miliknya sudah tidak berada di tepi jalan dekat jembatan karena sudah amblas ke danau toba


Wakil DPRD Samosir Nasip Simbolon yang langsung terjun ke lokasi kejadian bersama Forkopimda menyampaikan rasa prihatin atas kejadian yang menimpa warga. 


“Secepatnya Forkopimda berupaya membantu korban, termasuk mendatangkan TiM SAR untuk evakuasi truk dan barang berharga yang bisa diselamatkan,” sebutnya. 

Mapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman memberikan bantuan sembako kepada korban banjir di Tulas, Desa Siboro, Kecamatan Sianjir mula-mula.



*Kapolres Samosir Berikan Bantuan


Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman sejak pagi langsung terjun ke lokasi banjir dan secara spontan memberikan bantuan sembako kepada korban. 



Kepala Desa Siboro, Sarmi Rajagukguk didampingi korban banjir mengapresiasi Kapolres Samosir yang secara spontanitas memberi bantuan sembako berupa beras, telur dan indomie kepada korban. Ia mengatakan, bencana banjir yang menimpa warganya tidak memakan korban jiwa. (BG/PM






TRENDINGMore