DAERAHNEWSSUMUT

KPU P. Siantar Tutup Pendaftaran Caleg

Senin, 15 Mei 2023, 07:29 WIB
Last Updated 2023-05-15T00:29:09Z
Ketua KPU Siantar, Daniel Dolok Sibarani, hingga sampai penutupan pendaftaran, 15 partai telah selesai penerimaan berkas dan 3 partai yang masih proses.


P. SIANTAR-BERITAGAMBAR :

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematang Siantar menutup pendaftaran Bacaleg pada Senin (15/5) Pukul 00.00 WIB. Sebanyak 18 partai politik telah mendaftar.


Dari keterangan Ketua KPU Siantar, Daniel Dolok Sibarani, hingga sampai penutupan pendaftaran, 15 partai telah selesai penerimaan berkas dan 3 partai yang masih proses.


“Partai Gelora, Partai Buruh dan Partai Garuda sedang berlangsung pemeriksaan kelengkapannya,” katanya didampingi Komisioner KPU dan Bawaslu.


Baca Juga:KPU Siantar Gelar Rapat Pleno Terbuka DPS-HP, Jumlah Pemilih Berkurang 2.026


Ketiga partai tersebut akan tetap dilakukan proses hingga KPU menyatakan diterima atau dikembalikan.


Adapun partai yang telah diterima adalah, Partai Golkar, Partai Ummat, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Perindo, Partai NasDem, PAN, Partai Hanura, PPP, PKN, PKB, PKS, PSI, Partai Demokrat dan PBB.


Sementara calon anggota legislatif yang sudah didaftarkan sebanyak 400 orang, dengan jumlah laki-laki 260 orang dan perempuan 140 orang.


Dari pantauan wartawan di kantor KPU, rata-rata penyebab lamanya proses pemeriksaan berkas Bacaleg karena partai salah mengunggah berkas ke aplikasi Silon. Seperti tidak terdapat bubuhan tandatangan ketua umum dan sekretaris serta cap partai.(BG/PS)

TRENDINGMore