DAERAHNEWSSUMUT

H+3 Arus Balik Tahun Baru, Jalinsum Porsea-Balige Macet Total

Rabu, 03 Januari 2024, 17:05 WIB
Last Updated 2024-01-03T10:05:27Z
Kondisi jalan Lintas Sumatera, Tarutung menuju Medan macet total sepanjang empat kilometer mulai Simpang Silimbat hingga ke Porsea. 


TOBA-BERITAGAMBAR :


Jalan lintas Sumatera Utara (Jalinsum) jurusan Tarutung menuju Medan tepatnya dari simpang Siliimbat sampai ke Porsea mengalami kemacetan total sepanjang empat kilometer, Rabu (3/1/24) siang.


Pantauan di lokasi, arus balik mudik pada hari ke-3 tahun baru ini mengalami peningkatan signifikan volume kendaraan.


Kemacetan mulai terjadi di Simpang Silimbat sampai ke Porsea sekira pukul 10.00 Wib hingga sore hari. Namun, jalur lalulintas dari Medan menuju Tarutung terurai tidak mengalami kemacetan.



Seorang pengendara, Anto Lubis (50) mengatakan dia dan keluarganya sudah terjebak dalam kemacetan selama satu jam mulai dari Simpang Silimbat.


“Saya dan keluarga dari Sibolga mau pulang ke Medan. Sudah satu jam bahkan saya rasa lebih terjebak macet di sini. Padahal paling jarak tempuh empat kilometer saja dari Silimbat ke Porsea,” katanya kepada Mistar.id.


Sementara itu, Kasat Lantas Polres Toba, Iptu Rapindo Gunawan Siahaan mengatakan, kemacetan tidak bisa diantisipasi dikarenakan tak adanya jalan alternatif.



“Kami harus rajin selalu melakukan penarikan. Penarikan kendaraan sepanjang jalan lintas yang macet lebih diprioritaskan. Jadi kita lakukan total tidak bisa berhenti,” katanya.


Rapindo mengaku, selain arus balik mudik Tahun Baru, kemacetan juga diakibatkan adanya kegiatan pasar tradisional Porsea pada hari ini.


“Bertepatan hari ini kan onan (pasar). Jadi harus berani juga untuk menertibkan pejalan kaki dan apalagi kendaraan yang keluar dari simpang jembatan Porsea agak ditahan. Dan kita lebih memprioritaskan kendaraan lintas jalinsum agar dapat terurai,” pungkasnya. (BG/TB)

TRENDINGMore