DAERAHNEWSSUMUT

Cooling System, Polres Samosir Latihan Dalmas

Sabtu, 18 Mei 2024, 15:49 WIB
Last Updated 2024-05-18T08:49:05Z

 

Cooling System, Polres Samosir Latihan Dalmas dalam rangka pelaksanaan Pilkada Samosir.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR:

Dalam rangka menyongsong Pilkada serentak 2024, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, memerintahkan seluruh Satuan Kerja Polres Samosir untuk melaksanakan berbagai kegiatan kesiapan. Tindakan ini mencakup sosialisasi politik sehat, latihan pengendalian massa, dan pemeriksaan internal untuk memastikan kesiapan penuh dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pemilu, Sabtu (18/5/2024).


Personil Bhabinkamtibmas Polres Samosir langsung bergerak ke desa-desa binaan mereka. Mereka menyampaikan himbauan kepada warga terkait pentingnya menjaga politik sehat, mematuhi aturan KPU, memilih dengan hati nurani, mengenali calon kepala daerah, serta memberikan informasi kepada Bhabinkamtibmas untuk menjaga keamanan selama Pilkada. Desa-desa yang menjadi fokus sosialisasi ini meliputi Desa Pasaran I dan Desa Pasaran Parsaoran di Kecamatan Nainggolan, Desa Huta Ginjang di Kecamatan Palipi, serta Desa Siboro di Kecamatan Sianjur Mula-mula.


Selain itu, untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan skala besar dimasa Tahapan Pilkada Serentak 2024, Pleton Dalmas Awal dan Dalmas Lanjutan Polres Samosir melaksanakan latihan pengendalian massa di lapangan Mako Polres Samosir. Latihan ini mencakup pergerakan formasi, penggunaan tameng, dan penggunaan tali Dalmas, yang dirancang untuk memastikan kesiapan personil dalam menghadapi situasi darurat yang melibatkan kerumunan massa.


Sementara itu, Kasi Propam Polres Samosir, IPDA Darmono Samosir, S.H., bersama anggotanya, melakukan pemeriksaan di Polsek Palipi, Polsek Onan Runggu, dan Polsek Harian Boho. Pemeriksaan ini meliputi kelengkapan seragam, surat-surat data diri, sikap tampang, serta kelengkapan surat kendaraan. Pemeriksaan bertujuan memastikan bahwa semua personil Polsek memiliki KTP, KTA, NPWP, SIM A, SIM C, STNK, TNKB, kaca spion kendaraan, helm standar SNI, dan memeriksa penggunaan strobo pada kendaraan roda empat.


Kasi Humas Polres Samosir Brigadir Vandu P. Marpaung,  menyatakan bahwa langkah-langkah ini adalah bagian dari kesiapan dini Polres Samosir menghadapi Pilkada 2024. 


"Mulai saat ini, Polres Samosir melaksanakan kesiapan menghadapi Pilkada Serentak 2024,"ujarnya. 


Kesiapan internal Polres, personil, serta masyarakat kita lakukan untuk mengetahui kekurangan kita, memperbaikinya, dan melengkapi kekurangan yang ada. Tujuan utama kami adalah menciptakan Pilkada Damai Tahun 2024 di Kabupaten Samosir," tegasnya.


Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen Polres Samosir dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, dengan harapan bahwa proses demokrasi ini dapat berjalan lancar dan damai.(BG/VM)

TRENDINGMore