DAERAHNEWSSUMUT

Hujan Deras Landa Tapsel, Sejumlah Titik Alami Longsor

Kamis, 16 Mei 2024, 08:17 WIB
Last Updated 2024-05-16T01:17:34Z

 

Hujan Deras Landa Tapsel, Sejumlah Titik Alami Longsor.

TAPSEL-BERITAGAMBAR :

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Sipirok dan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Selasa (14/5/2024) malam, tak hanya menyebabkan banjir di badan Jalinsum Sipirok-Padangsidimpuan, tetapi juga terdapat longsor di sejumlah titik.


Pantauan wartawan, longsor mengepung Komplek Kantor Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), di Dano Situmba, Desa Kilang Papan, Sipirok.


Di Jalinsum Sipirok-Padangsidempuan misalnya, sedikitnya ada 5 titik tanah longsor. Seperti, di dekat Halte MAN Tapsel Situmba 1 titik, 2 titik di tikungan Kilang Papan, 2 titik di Aek Siporda dan 1 titik lagi di samping Masjid Al Ikhlas, Kilang Papan, yang meremukkan rumah kedai kopi milik warga.


Selain itu, longsor lainnya juga terjadi di jalan alternatif atau jalan lingkar Komplek Kantor Bupati Tapsel. Ada sedikitnya 3 titik longsor yang menutupi badan jalan itu. Sehingga, kendaraan roda 4 tak bisa melintas.



Dimana, pada pagi hari beberapa kendaraan roda 4, terpaksa balik arah setelah melihat badan jalan tertutup material tanah dan kayu dari reruntuhan longsor.


“Mobil tak bisa lewat, badan jalan lajur kanan tertutup, sedangkan lajur kiri longsor lama masih krisis, tinggal satu meter, hanya sepeda motor yang bisa lewat,” ujar Imron Pane (40) pengguna jalan.


Menurutnya, kondisi longsor yang menggerus maupun yang menutupi badan jalan, harus segera ditangani pemerintah. Mengingat jalan tersebut sangat diandalkan warga untuk keperluan transportasi, baik menuju tempat kerja, sekolah dan urusan lainnya.


“Mudah-mudahan pemerintah sigap mengatasinya,” harapnya.


Camat Sipirok, Sahruddin Perwira membenarkan adanya longsor di Kilang Papan akibat hujan deras tersebut. Bahkan Camat menyebut dirinya sedang berada di Desa Batang Tura meninjau longsor.


Sedangkan, Kalaksa BPBD Tapsel, Umar Halomoan Daulay belum dapat dimintai keterangan terkait bencana longsor dan banjir yang melanda tersebut.


Pantauan wartawan, sejak pagi hingga sore 1 unit alat berat roda karet ditambah 1 unit dump truk milik Balai Jalan Nasional terus berupaya menyingkirkan material longsor dari badan jalan. (BG/TSEL)

TRENDINGMore