DAERAHNEWSSUMUT

Ratusan Pelajar SMA Lubuk Pakam Antusias Ikuti Gebyar Sekolah Sehat

Senin, 20 Mei 2024, 12:14 WIB
Last Updated 2024-05-20T05:14:29Z
Ratusan pelajar ikuti senam gebyar sekolah sehat di depan Stadion Baharoeddin Siregar Lubuk Pakam.


DELISERDANG-BERITAGAMBAR :


Ratusan pelajar SMA Lubukpakam, antusias mengikuti gebyar sekolah sehat yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Deli Serdang semakin dipadati pelajar SMA di depan Stadion Baharoeddin Lubuk Pakam, Senin (20/5/2024) dihadiri sekira 200 orang pelajar SMA.


Selain para pelajar, kegiatan itu juga diikuti unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), sejumlah pegawai Dinkes, pihak Puskesmas Lubuk Pakam, Puskesmas Pagar Jati dan kelurahan.


Acara yang diawali senam sehat dengan instruktur dari Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kabupaten Deli Kabupaten Serdang. Senam tersebut terlihat begitu ceria dan menyenangkan. Sebab, instruktur memberikan gerakan senam yang dapat memancing peserta untuk mengeluarkan teriakan gemuruh berkali-kali, bahkan tepuk tangan.



“Tambah lagi, biar makin berkeringat,” teriak para peserta. “Ok kita lanjut,” kata instruktur, Ari Wardani.


Camat Lubuk Pakam, Rio Lakadewa diwakili Sekretaris Camat (Sekcam), Rudi Harmoko menyebutkan, gebyar sekolah sehat yang dilakukan Dinkes merupakan kegiatan perlu terus dilakukan.


“Dengan gebyar sekolah sehat ini diharapkan para siswa semakin termotivasi hidup sehat. Dengan hidup sehat, maka proses belajar mengajar akan dapat berjalan dengan baik,” kata Rudi, seraya mengapresiasi Dinkes Deli Serdang yang sudah meluncurkan kegiatan tersebut.


Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinkes Deli Serdang, Veronica Margareth Sihombing menjelaskan, gebyar sekolah sehat ini adalah suatu kegiatan yang baru diinisiasi oleh pihaknya.



“Kegiatan ini berlangsung di 22 kecamatan di Deli Serdang hingga pada 22 Mei mendatang. Selain senam, juga ada edukasi tentang kesehatan dan olahraga dengan narasumber dari Dinkes Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Deli Serdang,” papar Veronica.


Gebyar sekolah sehat yang diprakarsai Kepala Dinkes Deli Serdang, Asri Ludin Tambunan tersebut mengedepankan aspek kesehatan, melalui kegiatan olahraga dan lingkungan lewat inspeksi kesehatan lingkungan sekolah oleh petugas kesehatan lingkungan dari Puskesmas dan Dinkes.


Selain itu tambah Veronika, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis, cek HB dan pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri. Serta pemeriksaan Indeks Massa Tubuh (IMT) bagi pelajar.


Acara juga diisi dengan sosialisasi program kesehatan olahraga oleh KONI Deli Serdang, Kepala Puskesmas (Kapus) Pagar Jati dan Dinkes Provinsi Sumut.


Usai gebyar sekolah sehat, tutur Veronica, ke depannya akan dilanjutkan dengan lomba sekolah sehat.


Kapus Pagar Jati, Novita Sihaloho mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah dan pelajar yang telah menghadiri gebyar sekolah sehat.


“Harapannya, setelah mengikuti acara ini para siswa-siswi bisa lebih paham manfaat olahraga dan kesehatan,” tandas Novita didampingi Kapus Lubuk Pakam, Puja Darmadi.(BG/DS)

TRENDINGMore