SUMUT

Bupati Taput: Pemuda Diharapkan Jadi Pelopor Pembangunan

Jumat, 25 Oktober 2019, 09:51 WIB
Last Updated 2019-11-28T02:47:57Z
Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan 


BERITAGAMBAR-TAPUT
Pemuda diharapkan menjadi pelopor, bukan pelapor. Pemuda yang ingin maju dan tidak ingin tertinggal dibanding yang lain serta ingin melakukan inovasi yang bermanfaat bagi orang lain.

Harapan itu disampaikan Bupati Taput, Nikson Nababan, pada Forum Diskusi Kepemudaan bersama Pemuda Pelopor, Organisasi Kepemudaan (OKP), di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Kamis, (24/10/2029).

Pada kesempatan itu, disamping Bupati, Kapolres Taput, AKBP Horas Marisi Silaen dan Dandim 0220/TU Rony Agus Widodo menjadi narasumber.

Bupati menjelaskan langkah-langkah yang telah dilaksanakan selama 5 tahun kepemimpinannya. 

Salah satunya  pada sektor pertanian dengan melakukan program pupuk bersubsidi bayar pasca panen, pasar lelang dan jaminan harga komoditi pertanian. Juga penyediaan bibit pertanian dan Alat-alat mesin pertanian (alsintan) serta pembukaan jalan pertanian. 

"Langkah awal saya setelah menjabat sebagai Bupati adalah memetakan segala permasalahan dan dilanjutkan dengan menyusun program-program sebagai solusi terutama pada sektor pertanian, SDM, kesehatan dan infrastruktur dengan konsep membangun Tapanuli Utara mulai dari desa," katanya. 

Juga menurut Bupati, APBD Taput diprioritaskan untuk mewujudkan visi-misi tersebut dengan pertimbangan yang rasional dan etis sesuai kebutuhan utama masyarakat secara umum. 

Pada forum diskusi sekaligus talk show yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara bekerja sama dengan televisi lokal, Bupati memaparkan beberapa rencana program pembangunan kedepannya termasuk cita-cita pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya.

Terangnya, kalau pemuda turut di belakang dan mendukung, dianya akan semakin semangat dan berani di depan untuk memperjuangkan kemajuan Tapanuli Utara. 

 Kita harus bersama memperjuangkan pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya yang akan memberikan multi efek bagi masyarakat. "Bisakah para pemuda turut menyuarakan hal ini? Kita juga harus bangga atas hasil produksi lokal," ucap Bupati menggugah semangat para pemuda. 

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa Balai Latihan Kerja (BLK) Silangkitang telah mengadakan berbagai pelatihan seperti tehnik meknik, audio visual, meubilair, menjahit, pembuatan pakan ternak organik dan penyaluran tenaga kerja ke luar negri dan konsultasi reka tehnik tentang tehnologi tepat guna. 

Bagi pemuda yang berminat silahkan mendaftar ke BLK, gratis tanpa dipungut biaya sehingga nantinya menjadi orang-orang yang siap pakai dimana pun berada. "Mari kita memandang suatu kebersamaan dalam membangun Tapanuli Utara," ucapnya. (Tpt)

TRENDINGMore