NEWSPARIWISATASUMUTUMUM

Masyarakat Bakar Ban di Jalinsum Protes Oknum TNI Diduga Rusak Warung Warga

Minggu, 16 Agustus 2020, 13:06 WIB
Last Updated 2020-08-16T06:07:48Z
Penduduk Desa Gunung Melayu, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumut, memprotes beberapa oknum tentara, Sabtu (15/8/2020) sekitar pukul 22.00 WIB.


BERITAGAMBAR.COM-AEK KANOPAN. Penduduk Desa Gunung Melayu, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumut, memprotes beberapa oknum tentara, Sabtu (15/8/2020) sekitar pukul 22.00 WIB.

Aksi protes dengan memblokir jalan lintas Sumatra (Jalinsum) dan membakar ban bekas tersebut, karena warga tidak terima adanya perusakan yang diduga dilakukan oleh beberapa oknum tentara. Akibatnya, antrean panjang hingga beberapa jam tidak bisa dihindarkan.

Informasi yang dihimpun wartawan, aksi protes warga tersebut awalnya karena adanya perusakan beberapa warung yang diduga dilakukan oknum tentara. Mengetahui hal tersebut, warga memukul kentongan di mesjid agar masyarakat keluar untuk memprotes aksi oknum itu.

"Kejadiannya mulai sekitar pukul 22.00 WIB. Ada beberapa oknum tentara yang diduga melakukan perusakan warung. Warga protes di Jalinsum Dusun IV-A Palia. Kalau gak salah ada 6 warung. Dandim juga datang tadi malam. Sekarang sudah aman," kata Kepala Desa Gunung Melayu, Saiful Anwar Tanjung.



Dijelaskannya, hingga Minggu pagi warga masih dimediasi agar tidak ada kericuhan lanjutan. Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap SE, M.Tr (Han) beserta Polisi Militer TNI AD Subdenpom I/1-2 Rantauprapat juga tampak turun langsung menengahi kejadian yang terjadi di Dusun IV-A Palia Desa Gunungmelayu itu.

Kapolsek Kualuh Hulu AKP Sahrial Sirait, mengatakan situasi saat ini sudah kondusif. "Adanya sejumlah warga masyarakat melakukan pemblokiran Jalinsum di Dusun IV-A Palia Desa Gunung Melayu Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labura. Namun saat ini sudah normal kembali," kata Sahrial.(BG/CS)


TRENDINGMore