NEWSSAMOSIR

Bupati Samosir Serahkan Beasiswa ke 1.675 Siswa

Senin, 21 September 2020, 15:25 WIB
Last Updated 2020-09-21T08:25:02Z

 

Bupati Samosir Rapidin Simbolon bergambar bersama dengan penerima beasiswa. 

SAMOSIR-BERITAGAMBAR.COM
Bupati-Wakil Bupati Samosir Rapidin Simbolon-Juang Sinaga menyerahkan bantuan sosial pendidikan dan beasiswa bagi siswa/i berprestasi tingkat SD, SMP, SMA/K yang dilaksanakan di pelataran halaman Hotel Dainang, Jalan Putri Lopian, Pangururan, Senin (21/9). 

Adapun penerima bantuan dimaksud berjumlah 1.675 orang yang terdiri dari, penerima bantuan sosial yaitu siswa/i yatim piatu berjumlah 392 orang, penerima bantuan siswa/i berprestasi dari Tingkat SD, SMP, SMA/K berjumlah 797 orang, 25 orang siswa yang berada di SMA unggul dan tingkat mahasiswa berprestasi di seluruh Perguruan Tinggi Nasional (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumut maupun seluruh Indonesia berjumlah 461 orang.

Acara pemberian bantuan dan beasiswa pendidikan ini dimulai dengan kebaktian bersama yang dipimpin oleh Pdt. Paian H. Nababan, STh. 
Kadis Pendidikan Kabupaten Samosir, Ricardo Hutajulu dalam laporan kegiatan menjelaskan bahwa perkembangan dan majunya sebuah bangsa atau daerah ditentukan oleh kualitas SDM yang berkualitas, dan untuk melahirkan generasi yang berkualitas dibutuhkan pendidikan yang berkualitas.

Menyadari hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir fokus pada program peningkatan kualitas pendidikan generasi Samosir dengan berbagai strategi yang menyentuh sentral poin yang menunjang laju pergerakan pendidikan generasi Samosir,"ujar Rikardo.

Salah satunya pemberian bantuan sosial pendidikan kepada anak yatim piatu, adalah motor yang menggerakkan program wajib belajar kepada seluruh generasi samosir, sementara beasiswa berprestasi merupakan motor peningkatan daya saing menciptakan generasi samosir yang berkualitas.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon, mengatakan, pemberian bantuan sosial pendidikan dan beasiswa berprestasi ini bukan kali pertama dilakukan Pemerintah Kabupaten Samosir melainkan sudah dimulai dari Tahun 2017.

"Hal itu sebagai salah satu wujud kepedulian Pemkab Samosir dalam peningkatan pendidikan sebagai modal untuk membangun Samosir yang gemilang dan sebagai wujud nyata dari visi dan misi Pemerintah Kabupaten Samosir," ujar Simbolon.

Bupati Samosir juga mengapresiasi geliat peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Samosir yang sudah membawa harum nama Kabupaten Samosir di kancah Provinsi hingga Nasional, dengan adanya utusan dari beberapa siswa asal Samosir yang menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Utara mengikuti peserta Olimpiade Sains Nasional, dan Tahun 2020 dua orang guru Samosir berhasil memperoleh medali perak dan perunggu pada Olimpiade Biologi tingkat nasional. 

Bupati Samosir menyampaikan terima kasih kepada seluruh guru di Kabupaten Samosir yang sudah bekerja keras untuk peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Samosir yang telah mengukir prestasi untuk generasi Samosir. 

Kepada seluruh anak-anak yang berprestasi Bupati Samosir berharap kedepannya untuk lebih meningkatkan prestasinya sehingga menjadi kebanggaan kita bersama. 

Dan kepada anak yatim piatu Bupati menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir akan terus memperhatikan pendidikan dan mendukung anak-anak yatim piatu.(BG/TS)


TRENDINGMore