NEWSPERISTIWASUMUT

Polisi Siap Amankan Pelaksanaan Pilkades Serentak 85 Desa di Humbahas

Senin, 22 November 2021, 07:28 WIB
Last Updated 2021-11-22T00:28:16Z

 

KAPOLRES Humbahas, AKBP Ronny Nicholas Sidabutar.

HUMBAHAS-BERITAGAMBAR : 

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 85 Desa di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), yang dilaksanakan hari ini, Senin (22/11), siap diamankan Kepolisan.


Dalam Pilkades 85 desa secara serentak itu, sebanyak 749 personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan proses pemungutan dan penghitungan suara (putungsura). Personel tersebut, 584 personel polisi, 105 personel TNI dan 60 personel Satpol PP. 


Kapolres Humbahas, AKBP Ronny Nicholas Sidabutar,  mengatakan, personel gabungan pengamanan pemungutan dan penghitungan suara (putungsura) itu terdiri dari TNI/Polri dan Satpol PP. 


Pengamanan putungsura

Pilkades serentak tahun 2021, sebanyak 749 personel gabungan. Personel tersebut  584 personel Polri, 105 personel TNI dan 60 personel Satpol PP. Personel gabungan ini diharapkan bekerja maksimal mengamankan pilkades di 85 Desa, 181 TPS," ujarnya. 


Dijelaskan, personel Polri dari Polres Humbahas, BKO Brimob Polda Sumut, BKO Dit Samapta Polda Sumut, BKO Bintara Remaja SDM Polda Sumut, BKO Polres Pematang Siantar, BKO Polres Toba, BKO Polres Samosir. TNI dari Kodim 0210/TU dan Satpol PP Kab.Humbahas. 


Kepada seluruh personel yang bertugas, Kapolres Humbahas mengingatkan untuk selalu menjaga sikap dan perilaku pada saat pengamanan di TPS dan jangan berlaku arogan dan benar-benar menjaga netralitas. "Personil TNI/Polri tidak dibenarkan membawa senjata api dan sangkur pada saat pengamanan," tegasnya. 


Ditambahkan, sebelum melaksanakan pengamanan, cek kesiapan anggota dengan baik supaya anggota dapat melaksanakan tugas pengamanan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur yang berlaku. 


"Tingkatkan koordinasi dan kerjasama antar petugas pengamanan, antar kesatuan dan pelihara sinergitas yang telah terjalin dengan baik selama ini. Utamakan kesehatan dan keselamatan anggota dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," pungkasnya. 


Sebelumnya, Kasi Humas Polres Humbahas, Bripka SB Lolo Bako kepada wartawan mengatakan, H-3 pelaksanaan Pilkades serentak pihaknya bersama personel gabungan melaksanakan patroli skala besar dalam rangka menjaga kekondusifan. 


Patroli bermotor itu untuk memantau situasi kamtibmas dalam upaya pencegahaan dini potensi konflik dan gesekan masyarakat di desa, agar memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat Kabupaten Humbahas menjelang Pilkades serentak. (BG/ES)

TRENDINGMore