DAERAHNEWSSUMUT

Pemkab Labuhanbatu Terus Menggali Sumber Pajak Daerah

Rabu, 22 Mei 2024, 20:19 WIB
Last Updated 2024-05-22T13:19:25Z
Mhd. Rizaldi memimpin upacara gabungan Pemkab Labuhanbatu.



LABUHANBATU-BERITAGAMBAR :

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu terus menggali sumber keuangan sendiri sehingga dapat menyediakan sumber-sumber pembiayaan untuk penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan. Hal ini dilakukan seiring dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah yang luas dan nyata serta bertanggung jawab.


Demikian disampaikan Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi Pembangunan Pemkab Labuhanbatu Drs. Muhammad Rizaldi Rambe saat memberikan arahan pada Apel Gabungan Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu di Halaman BKPP Labuhanbatu, Rabu (22/5/2024).


Dijelaskan, sumber keuangan yang digali adalah pajak daerah, di mana pajak daerah memiliki peran penting yang sangat strategis dalam meningkatkan kemampuan daerah dan akan digunakan untuk keperluan daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.


Rizaldi menjelaskan salah satu hal yang memiliki peran penting dalam pendapatan adalah penerimaan yang bersumber dari pendapatan pajak daerah. Maka Badan Pendapatan Daerah yang mengelola pendapatan harus mengambil langkah-langkah yang mengoptimalkan pendapatan pajak daerah sehubungan dengan meningkatnya kebutuhan daerah.


Salah satu langkah yang diyakini dapat mendorong dalam peningkatan pajak daerah disamping menggali potensi juga sistem pengelolaan pajak daerah yang berbasis layanan langsung dan tidak langsung. Pelayanan langsung berarti kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak.


Sedangkan pelayanan tidak langsung dengan memberikan kemudahan pembayaran pajak dengan sistem pengelolaan pajak secara online, wajib pajak tidak perlu harus mendatangi kantor perpajakan (Bapenda), tanpa antri, ada di genggaman tangan. Dengan moto bayar pajak mudah, tepat, cepat, ada di genggaman tangan.(BG/LB)

TRENDINGMore